Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 21 Desember 2011

5B nya Manado

Istilah 5B , sepertinya hanya berkaitan dengan Manado. Dulu waktu belum pernah menginjakkan kaki ke Manado, saya penasaran banget dengan 5B yang sering di kampanyekan teman sekantor saya di Jakarta tentang Manado. Kebetulan ada beberapa orang Manado dikantor saya. Mereka selalu mengatakan , kalo belum dapat 5B belum sah datang di Manado. 
Apa sih 5B itu.... ?
Ternyata 5B itu adalah bubur (Manado), boulevard , bunaken, bibir and body....  Tapi saya tetap penasaran dengan 5B, setidaknya 3B didepan , itulah yang saya pikir bisa saya jangkau., he..he..he... 2B terakhir gak berani :'(

Bubur manado, yang nama lokalnya adalah tinutuan adalah hidangan yang sangat familiar bagi masyarakat Sulawesi Utara. Isinya beberapa sayuran (bayam merah, daun gedi, kangkung) dan bubur beras yang dicampur jagng dan bebrapa umbi-umbian, ada "aksesori" tambahan berupa taburan ikan, perkedel, tahu dan telur rebus. Tak ketinggalan sambel yang super pedes and "kejam" nangkring di atas hidangan ini untuk menyempurnakan rasa yang hmmmm....lezat ! 
Rata-rata disetiap kampung bisa kita temukan penjual bubur manado alias tinutuan ini. Walau banyak versi campuran and style nya, namun semua orang manado sangat bisa mengidentifikasi si bubur ini. 

Kalo boulevard adalah kawasan ditepi pantai Manado, dulunya tempat ini menjad tempat nongkrong sambil menikmati udara pantai dan makan camilan seperti pisang goreng, tahu isi dan minum saraba (terbuat dari jahe, sereh, gula merah + susu) atau menyantap makan sea food. Sangat ramai di malam hari , terutama malam minggu. Namun sekarang suasana itu sudah tidak ada lagi, berganti dengan kawasan perbelanjaan modernm berupa mall dan ruko-ruko. Jangan sedih....dikawasan ini juga ada tempat nongkrong di tepi pantai yang juga asyik.

Bunaken, sebuah lokasi wisata yang terkenal sampai keluar negeri yang menawarkan keindahan taman laut. tempat ini sangat exotis....,apalagi kalo Anda mengambil kesempatan untuk diving...wah..dijamin Anda puas bahkan ketagihan.

Bibir dan body ...? silakan Anda nilai sendiri  he..he..he.....
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar