Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 21 Desember 2011

DANAU TONDANO , MISTERI JEJAK PAHLAWAN MINAHASA


Danau terbesar di propinsi Sulawesi Utara ini menyimpan sejarah besar tentang perjuangan suku Minahasa melawan kolonialisasi Belanda pada abad 18. Terletak di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut, danau cantik ini di kelilingi pegunungan yang menghijau diantaranya pegunungan Lembean, gunung Kaweng , gunung Masarang dan bukit Tampusu.
Menurut catatan sejarah Minahasa, didanau ini pernah terjadi perang hebat antara suku Minahasa yang dipimpin oleh Sarapung dan Korekeng yang merupakan Kepala Walak (gelar untuk pemimpin saat itu) Tondano Touliang dan Toundano Toulimambot. Bertahun-tahun Belanda berupaya menundukkan perlawanan suku Minahasa sampai akhirnya terjadi pertempuran di danau ini yang merupakan benteng terakhir masyarakat Minahasa penentang penjajah Belanda. Oleh Belanda, semua yang ada di bumi hanguskan agar tidak ada sisa perlawanan.

Dengan luas danau 4.278 ha yang ditengah danau terdapat 2 pulau kecil yaitu pulau Likri dan pulau Papalimbet, danau ini menjadi berkah bagi masyarakat Tondano yang tinggal di sekitarnya. Mereka memanfaatkan kekayaan alam ini sebagai sumber nafkah bagi keluarga sebagai penangkap dan pembudidaya ikan. Di danau ini terdapat karamba-karamba pembudidaya ikan dan nelayan yang sibuk menekuni pekerjaan mereka. Ikan yang mereka budidaya diantaranya ; nila, emas, mujair, kabos, nike sepat lobster hitam dan payangka. Ikan payangka ini, adalah ikan yang hanya ada di danau Tondano dan danau Limboto Gorontalo, jadi ini ikan langka pembaca yang budiman…. !
Bagi para pengunjung danau Tondano, Anda bisa menikmati keindahan danau sambil mengeksplorasi kuliner Minahasa khas danau Tondano yang berada di sekitar danau, bahkan banyak  kafe terapung di atas danau. Dari cemilan seperti aneka pisang goreng & ubi goreng lengkap dengan sambelnya , aneka juice buah sampai ikan bakar khas danau Tondano. Untuk ikan nya , Anda bisa pilih ikan yang masih hidup yang nantinya akan di tangkap dan di masak saat itu juga. Jadi benar-benar masih segar…!
Satu hal  lagi, jangan lupa bawa sweater…karena udara di sini cukup sejuk, terutama sore hari, Anda bisa kedinginan kalau tidak biasa. Kalau kamera atau handycam , itu wajib dibawa bagi yang hobi traveling ! Pemandangan di sini sangat cantik, dari sudut manapun Anda akan dapat latar belakang perbukitan.
Buktikan keindahan danau Tondano dan jadikan danau ini pilihan refereshing Anda , have a wonderful day !

sumber : kunjungan langsung , http://tondano-minahasa.blogspot.com
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar