Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 21 Desember 2011

The Beautiful of BUNAKEN


Taman Nasional Bunaken, taman bawah laut yang menawan dan mempesona, menarik perhatian wisatawan domestic dan mancanegara karena keindahan terumbu karang dan ribuan jenis ikan berwarna-warni yang ada di taman ini. Terletak diseberang barat daratan kota Manado,  tourism destination ini menjadi ikon Sulawesi Utara yang selalu dibanggakan. Untuk mencapai lokasi itu, perlu transportasi laut baik regular maupun carteran, dengan jarak tempuh 30 menit.
Mengunjungi pulau Bunaken paling asyik kalau pagi hari, di saat matahari belum terlalu panas dan ombak masih jinak. Komplek pelabuhan Manado dipagi hari ramai dengan hiruk pikuk pedagang pasar tradisional, karena letaknya memang bersebelahan. Setelah Anda mendapatkan perahu yang siap mengantar ke Bunaken, pastikan Anda mengurus ijin dan asuransi perjalanan laut di kantor syahbandar yang ada di komplek pelabuhan tersebut.
Saran saya, sebaiknya Anda menyewa perahu katamaran yang di lambung perahu terdapat kaca yang bisa melihat pemandangan taman laut dari kapal. Oh ya…jika Anda beruntung, Anda bisa bertemu sekawanan lumba-lumba yang bermain di permukaan laut ( semoga Anda beruntung… , lumayan bisa di abadikan lewat foto ).
Memasuki kantor pengelola Taman Nasional Bunaken, kita bisa saksikan hamparan pantai dengan pasir putih dengan banyak jenis perahu wisata parkir di sekitar dermaga , deretan kafe tradisional ala Bunaken yang menjual aneka makanan dan juga deretan stand penjual souvenir khas Sulawesi Utara berupa kaos, kerajinan tradisional , aneka asesoris etnik dll.
Entrance Fee untuk wisatawan domestik Rp 2.500,- /orang dan untuk wisatawan mancanegara Rp 50.000,-/orang. Harga ini sempat dipertanyakan teman saya dari Jerman yang sempat saya temani mengunjungi Bunaken. “ Kok beda jauh , apa alasannya ?”  jawaban saya hanya senyum malu tanpa ada kata-kata, karena memang saya tidak tahu apa alasannya. Di lokasi ini terdapat  meja dan bangku untuk duduk istirahat beratapkan dau-daun rimbun dari pohon-pohon tua yang besar sekali dan sudah tua. Biasanya meja dan bangku ini untuk duduk menikmati pemandangan sambil menyantap pisang goreng dan minum kelapa muda bunaken.  Oh ya….disini juga ada  toilet umum , ada 2 komplek yang letaknya di sebelah utara dan selatan. Bagi Anda yang ingin menyewa peralatan snorkeling dan diving…disini banyak yang menawarkan sewanya, bahkan menyewakan juga kamera bawah laut. Ataupun ingin kursus menyelam/ diving…? Disini juga ada. Bagi yang baru pertama kali menyelam/diving akan didampingi seorang diving guide, tentu ada additional charge nya  J.
Memang ada benarnya, idiom 5B yang terkenal itu, kalau Anda ke Manado tidak menginjakkan kaki ke Bunaken tidak sah rasanya….dan kalau ke Bunaken tidak menyelam/diving…juga belum sah !! ha..ha..ha…. Karena keindahan Bunaken ada di taman lautnya yang ada di dalam laut. Kalau di daratannya, saya pikir tidak jauh beda dengan pulau-pulau lain. Karena keindahan taman laut nya lah Bunaken dikenal dunia. Suatu kesempatan, seorang kenalan dari Belanda yang baru satu kali berkunjung Manado saya tawarkan melihat-lihat pulau Bunaken, saat perahu katamaran  meninggalkan pelabuhan saya tawarkan lagi untuk diving atau snorkeling…teman saya tidak berselera, katanya lelah. Ok…saya tidak memaksanya. Sebelum memasuki pintu gerbang Taman nasional Bunaken, saya minta minta pengemudi perahu untuk singgah sejenak (2 menit saja) di area taman laut untuk memperlihatkan ke teman saya ini. Setelah teman saya melihat dari kaca yang ada di lambung perahu, dia langsung bilang ke saya “ I really want to dive in this beautiful sea garden...! ” Akhirnya teman ini harus memperpanjang booking hotelnya karena aktifitas menyelamnya/ diving yang membuat dia melewati waktu check out hotel.
Bagi yang takut menyelam, Anda dapat sekedar snorkeling , yaitu berenang di permukaan laut, tenang aja…dangkal kok , paling semester. Walau snorkeling…Anda juga bisa menikmati pesona indah taman laut bunaken dan bercanda dengan ribuan jenis ikan yang berwarna-warni. Apalagi Anda membawa makanan ikan berupa nasi atau roti dan melepaskan di antara ikan-ikan itu, mereka segera melahap makanan yang lepas dari genggaman Anda. Sensasinya, wow……damai banget rasanya ! Bayangkan ,kita bisa berinteraksi dengan sekumpulan ikan-ikan kecil yang indah dan mengerumuni kita, pastinya senang banget dong….!
Di Taman Nasional Bunaken terdapat 20 titik selam (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1000 meter lebih, diantara dive spot yang sering dikunjungi wisata berada disekitar Pulau Bunaken sebanyak 12 spot. Di dalam laut ini terdapat dinding karang raksasa “underwater great wall” yang berdiri melengkung ke atas, dan ini menjadi sumber makanan bagi ikan di perairan Pulau Bunaken. Di sekitar pulau Bunaken, ada juga dive spot yang kata para divers (penyelam) lebih indah, letaknya di pulau Siladen. Terumbu karangnya masih sangat “virgin”, belum terkena polusi apapun. Juga aneka biota laut yang juga menawan.
Catatan penting bagi pembaca yang budiman, setiba di Taman Nasional Bunaken, manfaatkan waktu Anda untuk menikmati keindahannya…Anda akan sangat rugi jika melewatkan pesona lautnya. Ok, semoga catatan ini bermanfaat untuk Anda. Bila masih ada pertanyaan , silakan tulis di komentar saya membantu Anda. Selamat menikmati !
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar